Bibit unggul tanaman pertanian

Sumber Benih tanaman-Bibit unggul pilihan semua jenis tanaman untuk pertanian

Wednesday, November 14, 2018

Ciri-Ciri utama Bibit Unggul Tanaman untuk hasil terbaik

| Wednesday, November 14, 2018
Ciri-Ciri utama Bibit Unggul Tanaman untuk hasil terbaik-Tanaman yang berkualitas unggul pastinya juga berasal dari bibit tanaman yang unggul. Pemilihan bibitan sebagai cikal bakal tanaman sangatlah berperan penting dalam usaha menciptakan sebuah tanaman yang mempunyai kualitas unggul. Setiap jenis tanaman pastinya mempunyai ciri dan model bibitan yang berbeda-beda. Setiap tanaman juga mempunyai kriteria tertentu agar bisa dikategorikan bibit atau benih yang bermutu.
Ciri-Ciri utama Bibit Unggul Tanaman untuk hasil terbaik

Bibit yang tergolong unggul biasanya dijual dengan harga yang agak lebih mahal bila dibandingkan dengan bibit biasa. Hal ini juga dikarenakan hasil panen yang didapat nanti dengan menanam bibit unggul tentunya berbeda dengan hasil panen bibitan yang biasa. Jadi, hasil yang didapat sebanding dengan jumlah modal yang dikeluarkan. Sebuah bibitan bisa dikatakan unggul apabila menunjukan beberapa ciri umum yang diantaranya seperti berikut ini.

Ciri-Ciri utama Bibit Unggul Tanaman untuk hasil terbaik :

  • 1. Pertumbuhan Bibit yang Seragam
Bibit dikatakan berkualitas unggul apabila saat ditanam serempak, akan bertumbuh secara serempak pula. Tak ada bibit yang sebagianya bertumbuh dengan sangat baik dan sebagian lain mati. Jika memang terdapat bibit yang semacam itu, artinya bibit tersebut tak dapat dikatakan sebagai bibit berkualitas.

  • 2. Tahan Bila Dipindah
Bibit berkualitas unggul punya ciri yang apabila ia dipindah dari tempat satu ke tempat yang lain, ia tidak mati. Biasanya beberapa jenis bibit dari tanaman perlu disiangi terlebih dahulu sebelum ditanam supaya bisa bertumbuh dengan baik. Nah, jika bibit tanaman tersebut mudah mati dan tak bisa bertumbuh dengan baik bila dipindah dari tempat penyiangan ke dalam area lahan tanam, berarti bibit tersebut kurang layak untuk dikategorikan ke dalam golongan bibit berkualitas unggul.

  • 3. Tumbuh Lebih Cepat
Selain itu, bibit berkualitas unggul mampu tumbuh dengan cepat setelah ditanam. Namun dengan catatan seperti yang sudah disebutkan tadi, bahwa tumbuhnya juga harus dengan serempak. Jadi kesimpulannya, bibit tanaman yang berkualitas unggul tumbuhnya pasti lebih cepat dan juga serempak.

  • 4. Memiliki Akar Yang Banyak
Bibit yang berkualitas juga mempunyai ciri berakar banyak. Misalkan bibit padi yang berakar serabut subur akan lebih cepat hidup dan juga tumbuh besar bila dibandingkan dengan hasil bibitan yang akarnya sedikit. Karena akar adalah bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai jalan masuk makanan untuk tumbuhan.

  • 5. Kokoh dan Menghijau
Bibit tanaman yang berkualitas juga mempunyai ciri fisik yang kokoh dan juga berwarna kehijauan alias tidak mudah layu. Bibit seperti itu bisa tumbuh dengan cepat saat sudah ditanam.

  • 6. Tahan Terhadap Resiko Serangan Hama
Ciri-ciri bibit yang mempunyai kualitas unggul yakni tahan terhadap berbagai macam ancaman serangan hama saat telah ditanam. Bibit yang seperti ini akan dikatakan unggul karena dapat menghemat biaya perawatan karena tak perlu lagi mendapatkan perlakukan khusus untuk menekan potensi serangan hama pada tumbuhan. Selain itu bibit yang tahan hama akan bisa memberi hasil panen yang lebih baik.

  • 7. Tahan Terhadap Perubahan Iklim
Salah satu ciri dari bibitan tanaman yang berkualitas unggul adalah tahan terhadap berbagai perubahan iklim ketika sudah ditanam. Bibit yang tahan iklim akan menjadikan tanaman tidak mudah mati ketika telah ditanam dalam menghadapi adanya perubahan iklim semisal dari penghujan ke kemarau, ataupun sebaiknya.

  • 8. Produktivitas Tinggi
Hal terpenting yang bisa dijadikan acuan untuk menandai bahwa bibit tanaman dikatakan unggul apabila hasil produk yang dihasilkan oleh bibitan itu tinggi, baik dari aspek segi kualitas maupun aspek kuantitasnya. Biasanya nilai ekonomis yang ditawarkan oleh bibit ini akan setara dengan tingkat produktivitas tinggi. Misal harga bibit jagung yang dapat menghasilkan 3 jagung di setiap pohonya, lebih mahal dibandingkan dengan bibit jagung yang hanya mampu menghasilkan 2 buah jagung dalam 1 pohon.

Related Posts

No comments:

Post a Comment